22 Okt 2012

Tempat wisata Aek Janji Rantauprapat



Pemandian Aek Janji merupakan salah satu tempat wisata di Rantauprapat.  Berada di Utara Kota Rantauprapat, tepatnya di Desa Janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu .

Letaknya terbilang dekat dengan pusat kota Rantauprapat, hanya sekitar 10 Km dan dapat ditempuh dengan kenderaan roda 2 dan roda 4 sekitar 15 menit.


Objek wisata ini memang baru belakangan dikembangkan mengimbangi lokasi wisata alam Aek Buru sudah beralih menjadi milik Kabupaten Labuhanbatu Utara (hasil pemekaran Kabupaten Labuhanbatu). Sehingga akhir-akhir ini warga Rantauprapat, selain mengunjungi Aek Buru, kini semakin sering mengunjungi lokasi pemandian Aek Janji. Apalagi jaraknya yang dekat dan aset jalan yang cukup baik.

Tempat wisata pemandian Aek Janji  biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu serta hari libur lainnya.  Bagi warga Rantauprapat tempat ini menjadi alternatif tujuan rekreasi  singkat, terutama rombongan keluarga yang mempunyai waktu yang sempit, lokasi ini cocok menjadi tujuan liburan. Karena dengan waktu selama 2 jam saja kita sudah cukup puas berendam untuk menikmati liburan.

Wisata alam pemandian Aek Janji Rantauprapat mengandalkan pemandian di alam terbuka di sungai janji. Airnya bersih dan sejuk mengalir dari perbukitan dan banyak bebatuan. Dasar sungai juga terdiri batu dan pasir yang sering ditambang menjadi sumber mata pencaharian warga setempat.

Di Lokasi ini pengunjung dapat memilih lokasi yang bebas di alam terbuka atau masuk ke arena wisata buatan yang mengenakan biaya tarif masuk bagi pengunjung. Di arena wisata komersil ini pengunjung dapat menikmati water bound dan kolam, ditambah tersedianya fasilitas lain, seperti kamar mandi, dan warung jajanan bagi pengunjung.

Sedangkan di luar arena hanya mandi di alam terbuka. Namun sebagain warga lebih senang berendam gratis di sungai yang terbuka. Meski tanpa fasilitas, kalaupun ada hanya  tikar dan ban dalam mobil sebagai pelampung yang disewa dari penduduk setempat, itu sangat menyenangkan dan sering dimanfaatkan pengunjung. 

Demikian sekilas berita artikel tentang objek wisata pemandian Aek Janji di kota Rantauprapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar