23 Jul 2014

Masakan Khas Labuhanbatu - Anyang Buas-Buas



Anyang Buas Buas Masakan Khas Labuhanbatu
Salah satu makanan khas Labuhanbatu adalah anyang buas-buas. Anyang buas-buas merupakan masakan yang berasal dari dedaunan, yakni daun buas-buas.  Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang sering terdapat di daerah rendah, berdaun wangi. Yang dijadikan masakan adalah pucuknya, karena lebih lembut.


Cara membuatnya relatif mudah. Hampir semua ibu-ibu terumata di daerah pantai bisa membuatnya. Pertama daun buas-buas dibersihkan atau ada juga yang memotong/mengirisnya menjadi bagian kecil. Lalu direbus dan selanjutnya dicampur dengan bumbu anyang berupa perpaduan rempah-rempah seperti bawang, daun serei wangi, jeruk nipis, ditambah santan kelapa dan garam.

Anyang buas-buas umumnya menjadi menu yang lazim pada waktu berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Sejak dulu masakan ini digemari dan menjadi ciri kas masayarakat Labuhanbatu, terutama  penduduk yang bermukim di daerah pesisir, seperti Negeri Lama, Ajamu, Labuhan Bilik, Sungai Berombang dan sejumlah desa pantai Labuhanbatu Lainnya. Istimewanya lagi masakan ini  tidak pernah ada dijual di kedai nasi  maupun  rumah makan. 

Karena itu, dapat dikatakan masakan anyang buas-buas hanya menjadi masakan tradisi bagi masayakat pesisir Labuhanbatu.Terutama ibu-ibu biasanya sangat pandai meramu bumbu untuk membuat anyang buas-buas. Dan sering untuk menambah lezatnya masakan tersebut terkadang dicampur dengan bahan lain, misalnya ditambahkan kerang rebus, udang, dan ikan. 

Namun kini masakan ini semakin langka. Hanya warga yang bermukim di pantai saja yang masih sering membuatnya. Kalau di Rantau Prapat sangat jarang mayarakat yang membuatnya.  Alasannya karena tumbuhan buas-buas sudah semakin sulit  didapat di daerah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar